Kamis, 01 Agustus 2013

Memperbaiki PSU komputer (Mentari)

Gejala pasien ini waktu datang kerumah ketika di nyalakan terdengar bunyi mende ciiiiit...... kemudian lansung saya keluarkan dari kasing CPU. setelah saya bongkar mata saya langsung tertuju pada sebuah kapasitor gosong. tapi tetep untuk meyakinkan saya coba menyakan dengan tanpa beban dan diukur pada tegangan 12V caranya hubungkan kabel hijau dan hitam.


setelah saya hubungkan suara mende ciiitt yang keluar tegangan 12V tidak saya dapati tapi kali ini di iringi dengan kepulan asap, dan benar saja asal asap saya dapati dari kapasitor yang saya curigai waktu bongkar pertama tadi.

 
Nilai kapasitor nya adalah 105K/250V ganti saja dengan nilai yang sama  kalo diliat dari sisi ini kapasitor terlihat baik baik saja.


coba dari atas kondisinya sangat memprihatinkan pecah dan gosong


Setelah diganti kita coba nyalakan lagi dengan mengukur tegangan 12V alhamdulillah suara mende ciiiit menghilang tegangan semua normal dan PSU kembali sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar